AKAR BAJAKAH

AKAR BAJAKAH WEB

Manfaat Akar Bajakah, Pohon Kayu Ajaib dari Kalimantan yang Tak Hanya Atasi Kanker

Temuan mengejutkan tentang manfaat akar bajakah yang ampuh mengobati penyakit kanker payudara hingga kini masih menjadi perbincangan di masyarakat. Banyak orang yang ikut berburu akar bajakah untuk pengobatan maupun dibisniskan.

Penemuan akar kayu bajakah ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan tiga siswa SMAN 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Hasil riset para pelajar itupun diikutsertakan dalam lomba riset internasional yang berbuah medali emas.

Hasil penelitian tentang manfaat akar bajakah sebagai obar kanker payudara juga membuat heboh dunia medis di tanah air. Bahkan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengundang para siswa itu dan akan melakukan penelitian lanjutan oleh Balitbangkes.

Tanaman bajakah tampala (Spatholobus Littoralis Hassk) merupakan tumbuhan merambat dengan ketinggian bisa mencapai 50 meter. Tanaman ini biasanya merambat pada pohon kayu dari suku Phaseoleae.

Genus Spatholobus Littoralis Hassk ditemukan Justus Karl Hasskarl, seorang ahli Botani asal Jerman pada tahun 1842. Tanaman bajakah ini ada 29 spesies yang kebanyakan tumbuh di hutan tropis Indonesia. Namun manfaat akar bajakah digunakan untuk pengobatan herbal baru populer belakangan ini.

Daun tanaman bajakah tampala memiliki warna kuning, putih dan coklat, dengan bentuk tajam. Sedangkan bunganya berwarna ungu, putih dan pink dengan bentuk kecil.

Kabarnya, masyarakat di sekitar hutan Kalimantan Tengah menganggap tanaman ini dengan berbagai hal yang bersifat mistis. Termasuk pemanfaatan kayu bajakah untuk mengusir gangguan makhluk halus.

Manfaat akar bajakah terkuak setelah dibuat teh herbal oleh para siswa itu. Tanaman ini sebenarnya juga telah dikenal sebagai tanaman herbal yang telah lama digunakan masyarakat, terutama untuk mengobati luka, disentri dan menghilangkan pegal badan.

Gemparnya temuan ini mendorong dilakukannya sejumlah penelitian lanjutan terhadap kandungan akar kayu bajakah. Hasilnya, tanaman ini kaya dengan zat antioksidan. Bahkan kadar antioksidan ini ribuan kali lipat dibandingkan herbal kanker lainnya.

Uji laboratorium juga menemukan beberapa kandungan penting herbal ini, seperti tannin, steroid, saponin, fenolik, terpenoid dan alkonoid. Bahkan akar bajakah juga terdapat senyawa sel pitu gimia yang berfungsi sebagai anti kanker.

Manfaat Akar Bajakah Selain untuk Kanker

Hasil temuan para pelajar itu mendorong berbagai kalangan melakukan uji lab terhadap tumbuhan herbal ini. Berikut ini berbagai manfaat akar bajakah selain kanker, meskipun perlu uji klinis lanjutan.

Menyembuhkan Luka

Masyarakat tradisional telah menggunakan kayu bajakah untuk menghentikan pendarahan luka. Dari penelitian juga ditemukan kandungan batang bajakah tampala yang kaya senyawa flavonoid, fenolik, tannin dan saponin yang bersifat angiogenesis.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain ampuh mengatasi kanker, manfaat akar bajakah juga berkhasiat dalam meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh. Tingginya kadar antioksidannya sangat berguna untuk menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh.

Menghaluskan Kulit dan Anti Penuaan Dini

Kandungan senyawa flavonoid, fenolik, tannin dan saponin dalam akar bajakah tenyata juga berkhasiat dalam menghaluskan kulit. Senyawa ini berfungsi mendorong pertumbuhan kolagen yang penting mengencangkan kulit wajah dan menghalau penuaan dini.

Cara Mengkonsumsi Kayu Bajakah

Temuan menggemparkan ini juga mendorong banyak orang untuk mengetahui cara mengkonsumsi kayu bajakah. Untuk mendapatkan manfaat akar bajakah tunggal ini adalah dengan mengambil bagian akarnya saja.

Untuk cara mengolah dan mengonsumsi herbal ini, maka akar bajakah harus dikeringkan terlebih dahulu dengan dijemur di bawah sinar matahari. Mungkin perlu beberapa hari agar herbal ini menjadi kering betul.

Untuk menghasilkan manfaat akar bajakah yang optimal, dalam pengolahannya harus dicacah atau diiris dalam bentuk kecil-kecil dan dihaluskan hingga menjadi bubuk.
Menghaluskannya bisa dengan ditumbuk secara manual ataupun dengan blender.

Bubuk akar bajakah inilah yang kemudian diseduh dengan air panas. Takarannya, 1 gram akar bajakah dilarutkan dalam 500 ml air. Air teh akar bajakah yang berwarna coklat bening inilah yang diminum setiap hari.

Itulah sejumlah manfaat akar bajakah untuk kesehatan, khususnya dalam mengobati kanker payudara. Indonesia memang kaya tanaman herbal yang perlu digali lebih banyak lagi.

Untuk mendapatkan akar bajakah sampai dengan proses siap saji memerlukan proses dan waktu, untuk itu saat ini ada beberapa rekomendasi produk yang siap saji, lebih higienis dan dikemas dengan beberapa bahan diantaranya bawang dayak, daun kelor dan benalu jeruk.

Diantaranya adalah produk Akar Bajakah Gunung Tabur sebagai salah satu solusi konsumsi akar bajakah untuk membantu penyembuhan beberapa penyakit dengan cara disedu 2 sendok akar bajakah gunung tabur dengan 200 ml air panas, diminum ketika hangat hagat kuku sehari 2 – 3 kali .

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Powered by